Kebakaran Hutan di Papua Seluas Kota Seoul

By Praditha Yaniarti 17 Nov 2020, 15:29:07 WIB Kebakaran
Kebakaran Hutan di Papua Seluas Kota Seoul

Keterangan Gambar : (Ilustrasi: Idntimes.com)


IDEPAGI.comPada hari Sabtu (14/11/2020) telah terjadi kebakaran hutan di Boven Digoel, Papua. Greenpeace dan Forensic Architecture menduga pembakaran ini dilakukan oleh perusahaan Korindo Group asal Korea Selatan yang secara sengaja membakar hutan di Papua dengan tujuan untuk membuka hutan Papua yang akan digunakan untuk memperluas lahan sawit.


Perusahaan Korindo Group ini pun membuka hutan Papua lebih dari 57.000 hektar, atau hampir seluas Seoul, ibu kota Korea Selatan. 

Baca Lainnya :


Terbakarnya hutan di Boven Digoel ini meninggalkan kesedihan terkhusus bagi Elisabeth Ndwaen, perempuan Suku Marind yang hutan adatnya telah menjadi perkebunan kelapa sawit. 


"Kami tidak pernah bongkar hutan, tapi orang dari luar bongkar itu. Buat saya itu luka," ujarnya.


Hal ini pun menarik perhatian Irwan selaku Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat. Menurutnya pembukaan lahan dengan cara membakar merupakan pelanggaran dan diancam denda serta pidana. Ketentuan tersebut tercantum dalam berbagai regulasi seperti Pasal 78 Undang-undang (UU) Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, Pasal 69 dan 108 UU 32 Nomor 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), serta Pasal 56 dan 108 UU 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment